12 Cara Memaksimalkan Optimasi SEO On Page

12 Cara Memaksimalkan Optimasi SEO On Page

anam.my.id – Pastikan Anda menerapkan 12 Cara Optimasi SEO On Page agar lebih mudah masuk halaman 1 Google. Karena SEO tidak melulu bicara tentang backlink (SEO Off Page).

12 Cara Optimasi SEO On Page

Mungkin bagi yang baru belajar mengenai SEO agak kaget melihat angka 12 di depan judul. Santai aja biasa saja, karena ada yang merangkum dan hasilnya lebih dari 12 cara atau faktor. Ok. Jadi bagaimana sajakah caranya? Silahkan disimak baik-baik artikel ini.

1. Judul Artikel Harus Menarik dan WOW

Pada artikel dengan judul “12 Cara Memaksimalkan Optimasi SEO On Page” ini sebenarnya saya ingin mentargetkan kata kunci Cara Optimasi SEO On Page. Tapi karena judul harus Menarik dan WOW maka dari itu ditambahkanlah angka “12” dan kata “memaksimalkan”. Dengan tambahan angka saja biasanya orang akan lebih berpikir “Kira-kira apa saja sih ke-12 caranya?”. Akhirnya timbul rasa penasaran dan keingin tahuan seseorang.

Kalau boleh jujur, apa anda tertarik dengan judul artikel ini yang saya share di akun facebok Syaiful Anam? Kalau iya anda tertarik, berarti saya berhasil menerapkan cara pertama.

Kalau mau belajar membuat judul Fantastis, sebaiknya sering-seringlah melihat status mastah affiliate terutama statusnya Dewa Selling. Akan banyak penawaran yang WOW sehingga banyak orang membeli produknya. Kalau tidak salah dulu juga pernah baca Ebook Copywritingnya Kang Dewa yang dibagikan secara Gratis. Coba cari aja.

2. URL atau Permalink Diusahakan Pendek

Bagi pengguna wordpress berbayar, pastikan Setting > Permalink > pilih Post Name. Strukturnya paling bagus dari beberapa pilihan lainnya. Semua website saya pakai pilihan itu.

Nah ketika menulis artikel, tepatnya di bawah judul, biasamya sudah otomatis ada URL sesuai judul. Boleh pakai itu atau dipendekkan lagi atau malah ambil intinya saja.

Contoh :

http://anam.my.id/cara-memaksimalkan-optimasi-seo-on-page/

http://anam.my.id/cara- optimasi-seo-on-page/

http://anam.my.id/seo-on-page/

Boleh yang paling atas sendiri, boleh baris kedua atau kalau sudah mastah biasanya pilih baris ketiga. Semua sah-sah saja. Yang Terpenting di URL ada tema kata kunci yaitu SEO On Page.

3. Artikel Panjang dan Unik

Cara ketiga dan sangat penting sekali yaitu mengenai Konten atau Artikel. Dari dulu hingga sekarang, kalau ngomongin masalah artikel itu masih sama. Harus Panjang dan Unik. Paling pendek biasanya 300 kata. Normalnya minimal 500 kata. Semakin panjang semakin baik. Anggap saja kita sedang menulis sebuah berita gitu lah ya.

Panjang pun tidak sekedar panjang. Usahakan isi keseluruhan artikel masih berkaitan.

Jika anda pernah belajar membuat makalah atau laporan untuk presentasi, biasanya akan lebih mudah membuat artikel original, panjang dan terstruktur. Bagi yang belum berpengalaman, saya berikan sedikit gambaran.

Artikel Panjang dan unik - SEO On Page

Susunan sebuah laporan biasanya terdiri dari 3 bagian yaitu Pendahuluan, Isi dan Penutup.

Pendahuluan

Kalau Anda perhatikan baik-baik dalam artikel tentang SEO On Page ini, pendahuluan atau pembukaanya itu hanya 1 paragraf saja. Manfaatkan betul 100 kata pertama sebuah artikel. Usahakan kalimatnya sangat menguatkan judul sehingga orang ingin segera klik dan membaca artikel anda.

Menurut pengalaman saya, inti dari tulisan disampaikan pada pembukaan. Kalau dalam web jualan biasanya kata-kata pemanis selain ada pada judul, juga berserakan di 100 kata pertama ini. Lebay nih penulisnya. Xixixi.

Jujur saya juga masih belajar. Dengan menulis artikel seperti ini bukan niatnya untuk sok pintar sok ngajari, tapi dengan menulis seperti ini, mau tidak mau saya harus mencari referensi baru untuk melengkapi pengetahuan yang sudah ada. Jadi bisa menyempurnakan ilmu. Selain itu, jika terus diulang-ulang lama-lama akan hafal diluar kepala.

Akhirnya tanpa melihat referensipun sudah hafal langkah-langkah apa saja atau cara apa saja yang bisa mengoptimalkan seo on page website.

Isi

Untuk isi artikel ini tentu ditulis ke 12 cara optimasinya. Biasanya saya tulis dulu ke 12 cara. Kemudian balik ke cara pertama lalu dijabarkan atau dideskripsikan menurut pengetahuan saya.

Penutup

Bagian penutup bisa diisi basa basi saja atau link menuju artikel lain. Kasih doa juga bagus biar sama-sama sukses. Setuju ya 😀

Oh ya tambahan. Panjangnya artikel juga mempengaruhi lamanya pengunjung mengunjungi suatu halaman. Usahakan artikel yang disajikan menarik dan tentu menambah pengetahuan pengunjung. Semakin betah pengunjung, semakin baik posisi website anda akan ditempatkan dalam hasil penelusuran Google.

4. Heading 1 (H1) Mengandung Kata Kunci Tertarget

Ini juga penting karena ada beberapa website yang H1nya tetap judul website. Sedangkan judul artikel jadi H2. Padahal harusnya jika pengunjung buka Homepage, H1nya adalah Judul Website. Ketika pengunjung klik artikel, harusnya Judul Artikel yang menjadi H1nya.

H maksudnya adalah Heading.

Heading 1 Mengandung Kata Kunci - SEO On Page

Kalau mau cek H1nya sudah benar atau belum bisa cek caranya : Klik Homepage Website > Klik Kanan > Tunjuk SEOquake > Diagnosis

Dalam hasil diagnosis SEOquake akan muncul data Heading. Pada homepage H1nya adalah Judul Website. Sekarang coba cek untuk artikel. Caranya sama

Buka Artikel > Klik Kanan > Tunjuk SEOquake > Diagnosis

Harusnya judul artikel yang menjadi Heading 1.

Belum tau SEOquake? Nanti dibaca artikel review di bawah ini

SEOquake Extension Review

5. Tambahkan Media Gambar atau Video

Agar artikel tidak membosankan, isinya hanya tulisan, sebaiknya tambahkan media berupa gambar ataupun video. Boleh juga menyisipkan keduanya. Ini juga berhubungan dengan betahnya pengunjung berlama-lama di website Anda. Selain itu, gambar bisa lebih memudahkan pengunjung memahami materi yang anda sampaikan.

Intinya bahagiakan pengunjung, kasih apa yang mereka cari dan butuhkan. Ituh.

6. Tema Harus Responsif (Mobile Friendly)

Tema harus responsif atau mobile friendly. Artinya tampilan website menyesuaikan perangkat yang digunakan visitor.

Tema dari wordpress sendiri sudah banyak dan responsif. Tema website anam.my.id ini juga gratisan tapi responsif. Jadi saya pakai saja. Tapi kalau bisa sih beli tema berbayar, karena tampilannya akan lebih elegan.

7. Tambahkan Link Keluar

Jangan lupa untuk menambahkan link keluar menuju website lain yang relevan. Misal saat ini saya bahas tentang SEO On page, bolehlah kasih link keluar menuju http://backlinko.com/on-page-seo. Apalagi memang referensi untuk menulis artikel ini berasal dari sana. Silahkan bagi yang ingin melihat rujukan saya menulis artikel tentang on page seo ini.

8. Tambahkan Internal Link

Sisipkan juga link menuju artikel lain di dalam website yang berkaitan dan menunjang artikel tersebut.

9. Loading Website Cepat

Kecepatan loading suatu website juga merupakan faktor utama mengenai SEO on page. Nantinya akan berkaitan juga dengan rangking faktornya google.

Silahkan cek kecepatan loading website anda menggunakan salah satu tools di bawah ini :

Kecepatan suatu website dipengaruhi oleh hosting, plugin yang diinstall dan gambar yang Anda upload. Kira-kira itu yg perlu diperhatikan.

Kecepatan Loading Website anam.my.id - Optimasi SEO On Page

Hosting website anam.my.id saya beli di Dracoola.com. Tema gratisan tapi cepat dan mobile friendly. Plugin seperlunya aja yg benar-benar anda butuhkan. Kemudian gambar usahakan dikompres dulu sebelum upload. Anda bisa gunakan https://tinypng.com/ untuk mengecilkan ukuran gambar.

10. LSI Keyword

LSI atau turunannya kata kunci tertarget. Misal target utama artikel ini mengenai SEO on page, turunannya cara optimasi SEO on page, cara seo on page, proses kerja seo on page. Sebar dah kata kunci turunan tersebut di dalam artikel. Kalau optimasi on page dan off pagenya bagus, web anda bisa merangkat beberapa kata kunci tersebut.

11. Optimasi Gambar

Untuk optimasi gambar sepengetahuan saya bisa dilakukan dalam 3 hal ini

11.1 Ukuran Gambar

Ukuran gambar usahakan kecil tapi masih bagus dilihat. Tools untuk mengecilkan ukuran gambar telah dijelaskan pada langkah ke 9

11.2 Nama Gambar sebelum diUpload

Rename gambar sesuai judul. Kalau dalam 1 artikel terdiri dari beberapa gambar, bisa ganti nama file mirip-mirip judul.

11.3 Alt Text

Alt Text bisa diedit ketika gambar selesai diupload.

Optimasi Gambar - SEO On Page

12. Tombol Share ke Sosial Media

Terakhir tambahkan tomboh share ke sosial media untuk menjaring lebih banyak visitor. Misal ilmu yg ditulis dalam artikel bermanfaat, tanpa diminta Share pun biasanya akan dishare oleh pengunjung.

Penutup Artikel 12 Cara Memaksimalkan Optimasi SEO On Page

Saya berharap bisa menambah pengetahuan ilmu SEO anda. Saya juga berharap ilmu ini tidak berhenti pada Anda saja tapi juga bisa sampai pada orang lain khususnya yg sedang belajar mengenai SEO.

Itu saja pesan penutup dari penulis

Semoga Sukses Usaha Anda Semua. Aamiin

Comments

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
      Syaiful Anam

      Iya betul, sebenernya gak banyak perubahan. Cuma tau sendiri karakternya orang indo pinginnya yg cepet2.. hehe. akhirnya ngakalin google, trus klo ketahuan jd galau haha

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  1. Post
    Author
    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *