Home » 4 Faktor yang Mempengaruhi SEO Off Page Untuk Peringkat Website

4 Faktor yang Mempengaruhi SEO Off Page Untuk Peringkat Website

SEO adalah salah satu strategi digital marketing paling efektif saat ini. Ditangan orang yang tepat, SEO menjadi alat yang fantastis untuk meningkatkan kesuksesan bisnis secara online. 

Artikel Anam SEO akan berbicara elemen penting yang menjadi kunci SEO, setelah Anda membangun website hebat dengan konten berkualitas tinggi, maka masuklah dalam strategi SEO off Page yang solid. 

Dedi Ariko dari Garuda Website salah satu perusahaan penyedia layanan Jasa SEO di Jakarta, berbagi tips terkait faktor-faktor yang mempengaruhi SEO off Page. Agar berdampak lebih baik terhadap SEO website. Dan sebentar lagi Anda akan tahu itu. 

4 Faktor SEO Off Page

Apa itu SEO?

Ini bukan barang baru. Jadi, kemungkinan besar Anda juga sudah tahu itu. Namun untuk sedikit mengulang, berikut penjelasan secara singkat tentang apa itu SEO. 

SEO adalah singkatan dari (Search Engine Optimization). Ini adalah ‘serangkaian’ strategi yang kompleks dan perlu dilakukan, ketika Anda ingin memberi peringkat website di halaman hasil mesin pencari (SERP). 

Istilah yang dipakai menggunakan kata serangkaian. Itu artinya adalah banyak hal yang saling terkait antara satu dan lainnya.  Dan secara umum, itu diklasifikasi dalam tiga kategori utama. Yakni, Technical SEO, SEO On Page dan SEO Off Page. 

Technical SEO

Dedi Ariko menyebutkan bahwa, secara pribadi dirinya sering menggabungkan technical SEO dalam satu paket dengan SEO On Page. Karena, sebagian besar pekerjaan teknikal SEO itu adalah hal-hal yang berada dalam website itu sendiri. 

SEO teknis pada dasarnya, adalah cara Anda untuk memastikan situs agar dapat dibaca, dipahami, dirayapi, oleh mesin pencari dengan sempurna. Sesuai dengan apa yang ingin Anda tampilkan pada pengguna. 

Ini mencakup konfigurasi server (misalnya elemen halaman, response header HTTP, Peta Situs XML, redirect, robots.txt, meta data, dll.)

Keputusan Anda memilih layanan hosting, juga bisa dikatakan masuk dalam bagian technical SEO. 

Komponen SEO teknis memberi dampak langsung dan tidak langsung pada proses perayapan, pengindeksan, dan pada akhirnya peringkat di halaman hasil mesin pencari. 

SEO On Page

SEO On Page adalah seluruh pekerjaan yang perlu Anda lakukan di situs Anda sendiri. Bagian terpenting adalah memastikan bahwa website Anda mampu memberi pengalaman pengguna yang baik ― sebagai tujuan akhir ― dari seluruh strategi SEO.

SEO On-page mencakup banyak pekerjaan yang tidak berkesudahan. Seperti diantaranya, penentuan kata kata kunci, penyelarasan elemen khusus halaman seperti tag judul, judul, konten, tautan internal, tata letak situs, struktur navigasi, hingga produksi konten berkualitas tinggi secara teratur. 

Ini juga mencakup proses merencanakan, menerapkan, memantau, mengukur, kinerja dan progress SEO itu sendiri. Kemudian mengambil langkah-langkah terbaik untuk tindak lanjut dan penyempurnaan. Sebagai cara untuk memastikan Anda berada di jalan yang tepat.  

SEO bergerak dinamis. Itu artinya, situs senantiasa perlu di update untuk mengikuti perkembangan trend terbaru. Sehingga memungkinkan untuk mencapai dan bertahap di peringkat terbaik. 

SEO Off Page

SEO Off Page adalah topik utama yang akan dibahas pada artikel ini. Yang menurut Dedi Ariko, adalah pemain kunci dari strategi SEO yang sukses. 

Diluar sana, ada banyak orang yang bisa membuat situs bagus dengan konten berkualitas tinggi. Namun, untuk sukses mendapat peringkat; khususnya untuk kata kunci kompetitif bernilai bisnis, itu hanya dicapai segelintir orang.  

Apa yang dimaksud kata kunci bernilai bisnis? Ini adalah jenis kata kunci yang memungkinkan Anda ditemukan oleh orang-orang yang memiliki niat yang dekat dengan konversi. Seperti membeli, mendaftar, dan atau melakukan sesuatu yang pada akhirnya memberi keuntungan pada bisnis. 

Maksud kompetitif itu artinya, ada banyak orang yang menargetkan kata kunci tersebut. Jadi, bukan hanya Anda seorang. Anda bersaing dengan ribuan bahkan jutaan situs untuk mendapat peringkat terbaik di halaman satu mesin pencari. Sementara di halaman satu, itu hanya tersedia sepuluh slot. 

Sebagai contoh, target kata kunci “toko baju online”. Ini adalah jenis kata kunci yang memungkinkan Anda bertemu dengan orang yang sedang mencari penjual baju. Dan telah memiliki niat untuk membeli baju secara online. 

Jelas, kata kunci ini juga ditargetkan oleh banyak situs yang bertujuan sama. Yakni ingin menjual baju secara online. 

Mari kita mulai, bagaimana Anda bisa menang melalui strategi SEO Off Page yang solid!

Kenali Dulu Apa itu SEO Off Page?

SEO Off Page adalah istilah yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs, yang dilakukan diluar situs Anda. 

Aktivitas optimasi mesin pencari di luar halaman situs, berbeda dengan operasi SEO On Page. 

SEO Off Page, cenderung seolah di luar kendali Anda. Ini adalah faktor-faktor yang diperhitungkan mesin pencari untuk menilai sejauh tingkat ‘kepentingan’ situs Anda; sehingga layak mendapat peringkat. 

Tingkat kepentingan ini, dinilai berdasarkan tingkat kepercayaan, otoritas dan popularitas. Dalam hal ini, ada beberapa sinyal yang digunakan oleh mesin pencari. 

Pencarian bermerek, penampilan media sosial, hingga kualitas dan kuantitas tautan masuk (backlink) yang dimiliki situs. 

Strategi SEO Off Page bisa dikatakan sebagai metode tidak langsung untuk menarik perhatian Google dan mesin pencari lainnya, dengan menunjukkan seberapa dapat situs Anda dipercaya dan diandalkan. 

Ketika mesin pencari memperhatikan bahwa, ada banyak orang lain tertarik dengan situs Anda, itu diasumsikan bahwa situs Anda penting. Yang artinya Anda layak untuk ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi SEO Off Page

Untuk sukses memainkan strategi ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhi SEO Off Page yang perlu diketahui. Berguna untuk mempermudah Anda, mengidentifikasi hal-hal yang paling memungkinkan untuk dijangkau. Diantaranya adalah;

Strategi 1. Persiapan Dari Ujung ke Ujung

SEO Off Page bukan melulu tentang menambah jumlah backlink. Walau pun bisa dikatakan sebagai bagian yang sangat penting.

Tautan bekerja untuk menghubungkan. Tapi jenis hubungan apa yang perlu bangun. Apakah ini bernilai atau tidak. Ini akan menentukan kesuksesan Anda. Baik secara langsung atau tidak langsung. 

SEO Off Page yang baik memang dimulai dengan proses penautan dan seharusnya berkembang dalam berbagai bentuk fungsi. 

Tidak seperti masa lalu, dimana Anda cukup menambahkan beberapa tautan acak, lalu mendapat peringkat. Sekarang tidak bisa lagi. Karena dalam prosesnya, ada banyak penyalahgunaan tautan yang cenderung berupaya memanipulasi peringkat. 

Google dan mesin pencari lainnya, benar-benar tidak suka dengan tautan yang tujuan hanya untuk peringkat. 

Jadi, Anda harus berkonsentrasi pada pembuatan backlink yang memberi nilai dan pengalaman baik pada pengguna. 

Anda harus membangun rasa percaya di pikiran manusia melalui proses link building di situs Anda. Dan itu hanya diperoleh dari tautan yang berada pada konten dan situs yang dipercaya. 

Fase persiapan dari proses pembuatan tautan sangat penting, sebelum Anda melangkah keluar mencari backlink. 

Untuk itu,  Anda perlu membangun rencana dari ujung ke ujung. Itu meliputi: 

  • Tautan Internal – Bila Anda memiliki halaman internal dinamis yang siap untuk terhubung, bangun strategi tautan kontekstual. Saat Anda mengarahkan ulang tautan ke halaman lain, itu akan menyebarkan link juice SEO ke halaman lainnya.    
  • Membangun Kesan – Pastikan Anda membuat penyambutan yang luar biasa, saat orang-orang masuk melalui tautan eksternal. Jangan membuat mereka menekan tombol kembali karena kecewa; merasa berada di halaman yang salah atau tidak memuaskan. Jika terjadi, itu akan berakhir buruk. Situs Anda dianggap tidak relevan yang dapat berdampak penurunan peringkat. 
  • Membangun Jalur Navigasi – Arahkan mereka dengan membangun jalur navigasi yang jelas. Tuntun mereka ke halaman melalui tautan kontekstual, struktur menu atau CTA (Call To Action) yang terlihat jelas, deskriptif dan menarik minat. 

Strategi 2. Membangun Merek

Saat Anda melangkah keluar dari situs Anda, misi penting yang perlu mendapat perhatian adalah membangun brand Anda. 

Merek adalah cara bagaimana entitas bisnis Anda hidup dalam kehidupan audiens atau calon pelanggan Anda. 

Anda harus mampu secara psikologis mengaitkan layanan atau produk dengan merek bisnis Anda. Sehingga saat orang-orang berpikir tentang niche Anda, mereka mengingat merek.

Memang, ini tidak semudah pengucapannya. Tapi, jika Anda berhasil ini akan berdampak besar terhadap kesuksesan bisnis. 

Dedi Ariko mengungkapkan, brand image yang terkait kuat terhadap produk dan layanan bisnis membantu dalam banyak hal. 

Strategi link building yang bagus, juga seharusnya mampu  meningkatkan paparan merek bisnis Anda. 

Sinyal merek memberitahu Google apakah situs web Anda adalah merek yang sah atau tidak. “Merek adalah jawabannya, bukan masalahnya,” kata Eric Schmidt dari Google. 

Anda dapat mengerjakan branding Anda dengan berbagai cara. Seperti diantaranya;

  • Pencarian Merek – Untuk memulai, tentukan jumlah orang yang mencari merek Anda di Google. Anda dapat melihat pencarian nama merek bisnis Anda di mesin pencari, atau Anda dapat menggunakan alat seperti Google Search Console.
  • Gunakan YouTube – Perusahaan SEO terkemuka sekarang menggunakan pemasaran YouTube untuk meningkatkan visibilitas situs bagi klien mereka. Karena – video Anda mungkin dilihat oleh banyak orang, menghasilkan lebih banyak orang yang berbicara, meliput, dan menulis tentang merek Anda. Kedua, orang-orang yang telah melihat video YouTube Anda akan pergi ke Google dan mencari merek Anda. Saat mereka terkesan.
  • Lacak Merek Anda – Saat Anda bekerja sangat keras untuk membangun merek, penting untuk melacak bagaimana polanya berubah dari waktu ke waktu. Ini akan mengungkapkan apakah aktivitas membangun merek Anda berhasil atau tidak. Anda dapat melacak merek Anda secara online menggunakan layanan seperti BuzzSumo.
  • Penelitian Konten Backend – Dengan mengarahkan tautan berkualitas tinggi ke arah situs Anda Anda, konten yang didukung penelitian atau pengalaman langsung, dapat segera membantu SEO di luar halaman Anda. Intinya, buat konten yang benar-benar dapat ditindaklanjuti.
  • Penyebutan Media Sosial – Bangun entitas bisnis Anda di media sosial. Bangun interaksi dengan audiens. Penyebutan merek di media sosial, juga bagian dari sinyal yang dipercaya, digunakan Google untuk mengukur tingkat popularitas situs.   

Strategi 3. Bangun EAT

EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness. Merupakan pedoman Penilai Kualitas Pencarian Google dan menjadi semakin penting sejak adanya Pembaruan Medic pada Agustus 2018. 

EAT merupakan salah satu faktor yang digunakan Google untuk mengevaluasi kualitas keseluruhan halaman web. Jadi dapat dikatakan sebagai aspek penting dalam meningkatkan SEO secara keseluruhan. 

SEO off-page memiliki peran penting dalam meningkatkan E-A-T. 

Jadi, selain melakukan hal-hal standar seperti menampilkan profil penulis di halaman website, ada sejumlah elemen tambahan yang dapat Anda terapkan melalui SEO Off Page untuk meningkatkan EAT. 

Diantaranya; 

  • Penyebutan Merek – Point dua telah menyebut ini. Hal yang dapat Anda lakukan untuk tindak lanjut, membuat merek Anda ditampilkan di direktori bisnis lokal atau halaman situs berita terkenal. Ini mampu memunculkan sinyal kuat pada mesin pencari seperti Google. Faktor ini juga akan membantu dalam proses autentikasi situs Anda.
  • Ulasan Positif – Mendapatkan ulasan atau testimonial yang baik dari pelanggan dapat membantu EAT situs Anda. Saat Google mengetahui bahwa klien Anda senang dengan layanan atau konten Anda, itu akan meningkatkan otoritas Anda secara otomatis. Mulailah untuk membangun ulasan dari Google Bisnisku.
  • Masuk Dalam Dimensi Otoritas – Sulit mungkin untuk terhubung langsung dengan situs terpercaya dan memiliki otoritas tinggi. Seperti New York Times, kompas.com, CNN, detik.com atau lainnya. Tetapi Anda dapat masuk dalam lingkungan otoritas dengan mendekatkan situs Anda kesana. 

Tidak terlalu sulit dan sangat memungkinkan bagi Anda untuk mendapat tautan dari situs yang memiliki tautan kesana. Pastikan, Anda terhubung dalam situs-situs yang terhubung dengan situs otoritas tinggi. Anda mungkin dapat menjangkau beberapa blogger populer untuk mendapatkannya.

Dikatakan Dedi Ariko, inilah yang kemudian mendasari ide banyak pelaku SEO bermain dengan strategi PBN (Private Blog Network). Membeli domain expired di situs lelang yang memiliki tautan langsung dari situs otoritas, lalu membangunnya kembali dan menjadikannya situs untuk kebutuhan backlink dalam memenuhi unsur tersebut. 

“PBN adalah strategi link building yang tidak disarankan. Namun, mengapa Google melarang dan orang tetap melakukannya? Karena ini bekerja untuk peringkat,” ujar Dedi. 

Strategi 4. Strategi SEO Off-Page

Anda tidak boleh berhenti setelah melakukan bagian dari penautan internal, branding, dan EAT situs. Ini baru langkah awal. Anda harus melangkah lebih jauh. Yang sudah Anda tebak, mendapat backlink berkualitas, sebanyak yang Anda bisa. 

Berapa jumlah backlink yang Anda perlukan untuk menang dalam kompetisi? Ini sangat bergantung pada seberapa kompetitif kata kunci yang Anda targetkan. 

Mari kita lihat hitungan kasar, sebagai estimasi awal kebutuhan backlink yang dibutuhkan untuk mendapat peringkat untuk kata kunci tertentu. 

Agar Anda tidak terlalu terkejut dengan jumlah kebutuhan backlink untuk target kata kunci “toko baju online” yang secara otomatis akan bersaing dengan web raksasa seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya, kita akan menggunakan contoh kata kunci yang ringan saja. 

Umpamanya, Anda menargetkan “jasa sablon baju Bandung”.  Mari kita lihat, situs siapa yang peringkat untuk kata kunci tersebut. 

Dari halaman hasil mesin pencari, kita asumsikan bahwa kompetitor terkuat saat ini: “porinto.com”. Sekarang berhitung jumlah tautan yang dimilikinya. Untuk keperluan ini dapat menggunakan backlink checker dari Ahrefs versi gratis. 

SEO Off Page

Hasilnya, ada 429 situs yang menautkan halaman mereka ke porinto.com. Jadi, jika Anda ingin mendapat peringkat untuk kata kunci “jasa sablon baju Bandung”, Anda perlu memiliki setidaknya, sedikit lebih banyak dari itu. 

Estimasi ini adalah gambaran kasar. Untuk analisa mendalam, mungkin selain kuantitas juga dapat melakukan semacam riset dari faktor kualitas. Ini juga mencakup strategi rasio frasa kata kunci yang digunakan hingga lokasi penempatan tautan.

Dan tetap diingat, Anda juga perlu mengungguli porinto.com untuk tiga faktor yang telah disebut sebelumnya diatas. Termasuk dari sisi konten web. 

Dikatakan Dedi Ariko, tidak semua backlink bernilai sama. Beberapa tautan dari halaman otoritas, seringkali bernilai lebih tinggi dari ratusan tautan dari halaman situs otoritas rendah. Jadi, untuk meminimalisir biaya link building, sebaiknya berfokus pada kualitas. 

Backlink seperti pisau bermata dua, lanjut Dedi Ariko, disatu sisi penting untuk SEO. Namun, disisi lain, beberapa jenis backlink dari situs tidak berkualitas dan atau dibangun dengan cara salah, dapat dianggap sebagai SPAM yang malah berdampak buruk terhadap peringkat. 

Untuk tidak lanjut bagaimana memperoleh backlink yang cukup, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sendiri. Ini diklasifikasi dalam 3 kategori;

Organik link building

Organik link building adalah cara yang paling disaran. Paling kuat dan banyak direkomendasikan oleh pakar SEO. 

Saat Anda mungkin, membangun tautan melalui dua cara lain yang akan dijelaskan selanjutnya, itu lebih untuk melengkapi dan upaya percepatan hasil saja. Organik link building harus tepat menjadi fokus utama. 

Apa yang Anda lakukan untuk strategi organik link building? Idenya sederhana, namun Anda butuh kesabaran untuk melihat hasil. Caranya, Anda membuat content link worthy. 

Content link worthy artinya adalah konten layak taut. Ini seharusnya berupa konten berkualitas tinggi. Sederhananya, adalah konten bermanfaat dan secara alami akan mendorong orang untuk menjadikan sebagai rujukan. 

Jenis Konten layak taut ini, biasanya terdiri empat bentuk: 

  • Informasional: Ini seringkali dalam bentuk berita terbaru. Sesuatu yang belum pernah diulas. Posisi Anda sebagai pelopor.
  • Inspiratif: Ini jenis konten yang menginspirasi orang untuk mengambil tindakan, seperti peningkatan diri atau mendukung suatu tujuan. 
  • Edukatif: Jenis konten ini mengajarkan sesuatu yang baru dan berharga. Bisa dalam bentuk panduan komprehensif yang dapat ditindaklanjuti secara logis. 
  • Menghibur: Konten ini biasanya adalah jenis yang mampu memicu sisi emosional manusia. Misalnya, kebahagiaan, ketakutan, kemarahan, kesedihan, lucu, kejutan dan lainnya. 

Intinya, konten layak taut adalah sesuatu yang orang ingin; orang lain tahu juga. Dapat juga Anda berperan sebagai sumber rujukan penting. Seperti konten hasil riset, misalnya. 

Selanjutnya, Anda menunggu. Hingga orang-orang menemukan konten Anda. Dan jelas, ini kurang efektif. 

Untuk itu, Anda dapat melangkah pada tahap kedua. 

Penjangkauan

Penjangkauan adalah segala upaya yang memungkinkan Anda memperoleh backlink. Dalam berbagai cara yang kemudian kita sebut sebagai strategi link building. 

Ini artinya termasuk Anda menyodorkan jenis content link worthy di muka orang-orang untuk mendapat perhatian. 

Cara paling sederhana, Anda dapat berbagi melalui media sosial. Yang memungkin ada orang tertarik untuk membaca dan terinspirasi untuk menautkannya di konten mereka. 

Terlihat sulit? Tenang jika konten Anda benar-benar hebat itu akan membuahkan hasil. Yakinlah… 

Penjangkau, itu artinya Anda jemput bola. Ini dapat dengan cara meminta, membujuk, memaksa dan lain sebagai. 

Ada beberapa sumber yang efektif dan dekat dengan kepastian. Diantaranya adalah;

  • Guest Blogging: Ini adalah aktivitas dimana Anda membuat konten dan mempublikasinya ke situs-situs yang menyediakan tempat posting tamu. Ada banyak situs yang siap menampung aktivitas Guest Blogging Anda. Asal rajin saja. Cukup searching di Google, gunakan kata kunci situs Guest Post gratis. Pasti ketemu. 
  • UGC (User Generated Content): Istilah ini merujuk pada aktivitas Anda membuat dan memposting konten di beberapa platform yang memungkinkan Anda menempatkan tautan yang mengarah ke halaman situs Anda. UGC dapat Anda lakukan di web 2.0, komentar blog, posting forum, situs direktori, dan lain sebagainya.  
  • Siaran Pers: Mengirim siaran pers tentang sesuatu yang baru dari bisnis Anda. Dapat tentang produk atau merek baru ke situs web berperingkat tinggi dapat membantu organisasi Anda menghasilkan prospek. Yang perlu diingat, Anda harus memastikan mampu membuat cerita yang membuat para jurnalistik ingin menerbitkannya.  
  • Roundup Posts: Anda dapat membagikan pengetahuan Anda dan menandai URL website Anda di situs web lain. Seperti Quora untuk mendapatkan audiens tambahan. Ini memungkinkan Anda mendapat link dan perhatian. Lakukan secara secara teratur. Dalam situasi tertentu, teknik ini lebih efektif daripada blogging tamu biasa. Anda juga dapat berbagi posting Anda di media sindikasi seperti Medium.com. 
  • Membangun Kemitraan: Anda dapat menghubungi dan menawarkan berbagai jenis kerjasama. Anda dapat berkolaborasi dalam berbagai cara, seperti memulai inisiatif untuk membuat webinar bersama atau lainnya. 
  • Masih Banyak Cara: Sebenarnya, masih ada banyak ide kreatif bagi Anda untuk menjangkau potensi backlink. Tapi yakinlah, beberapa langkah yang baru dibicarakan ini, jelas telah membuat Anda benar-benar sibuk. 

Pendelegasian

Ini cocok untuk pemilik bisnis yang membutuhkan cara efektif, yang cenderung tidak menyukai pekerjaan membosankan dan menyedot waktu. Dimana menggunakan layanan pihak ketiga untuk proses pembuatan tautan. 

Ada banyak penyedia jasa backlink diluar sana. Hal yang paling penting adalah; Anda memastikan menemukan penyedia layanan yang tepat. 

Jangan bermain dengan kualitas, walaupun harga murah memang cenderung menggoda. Ini agar Anda terhindar dari tautan SPAM yang justru dapat menjadi racun untuk website Anda. 

Beberapa penyedia jasa backlink, biasanya memiliki aset situs dan jaringan luas yang memungkinkan proses pembuatan tautan dapat lebih efektif. Bukan hanya itu, beberapa layanan profesional, bahkan dapat memastikan strategi yang dibangun sesuai dengan standar mesin pencari. 

Sayangnya, cara ini berbiaya tinggi. 

Kesimpulan

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat mesin pencari, melalui strategi SEO Off Page, Anda perlu terhubung dengan blogger dan pemilik situs lainnya. 

Dalam hal ini, penting untuk tepat menghindari strategi link building yang berupaya memanipulasi mesin pencari untuk peringkat. Bangun tautan yang memiliki nilai dan mampu memberi pengalaman berharga bagi pengguna. 

Memahami faktor yang mempengaruhi SEO Off Page memungkinkan Anda membangun rencana yang solid. Kendati Anda mungkin menggunakan layanan pihak ketiga, Anda selaku pemilik bisnis tetap perlu untuk memahami secara mendalam faktor-faktor tersebut. 

Sehingga, Anda dapat berinvestasi pada elemen SEO Off Page yang paling berdampak untuk peringkat. Baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang.  

Strategi link building adalah seni. Jadi, tautan yang dibuat seharusnya bukan hanya berbicara soal jumlah. Tautan yang mampu menginspirasi dan mendorong tindakan audiens adalah jenis tautan berkualitas. Baik dilihat dari perspektif SEO maupun tujuan branding. 

Dan percayalah, apa yang Anda baca ini adalah bagian dari contoh paling nyata strategi SEO Off Page yang dibangun oleh Dedi Ariko untuk Garuda Website, khususnya untuk layanan strategi link building yang ditawarkan. Sesuai dengan konsep yang telah dibicarakan dalam artikel berjudul Faktor yang mempengaruhi SEO Off Page.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *