Home » Deretan Kisah Viral Tentang Membaca Al-Quran, Ada Cristiano Ronaldo Juga!

Deretan Kisah Viral Tentang Membaca Al-Quran, Ada Cristiano Ronaldo Juga!

Di era dimana informasi bisa tersalurkan dengan cepat seperti sekarang ini, kita wajib memiliki filter sendiri untuk mengetahui apakah yang kita baca benar atau tidak. Sebab seringkali kita menemukan sebuah kisah yang begitu indah, inspiratif dan ingin kita bagikan tapi ternyata merupakan cerita bohong atau buatan. Padahal kisah tersebut viral dan sudah banyak dibagikan oleh orang lain. Seperti kisah-kisah viral tentang membaca alquran. 

Sebagai umat Islam termasuk Anam SEO, memang tentu ada perasaan bangga tersendiri ketika melihat kisah atau video yang viral dan berisi tentang aktivitas membaca alquran. Terlebih jika itu dilakukan oleh publik figur yang terkenal dan diidolakan. Tapi jangan asal kagum ya, bisa jadi yang kamu lihat itu adalah hoax. Coba cek beberapa kisah viral tentang membaca alquran berikut ini. 

Anggota DPR/MPR Di Turki Awali Rapat Dengan Membaca Alquran

Anggota DPR/MPR Di Turki Awali Rapat Dengan Membaca Alquran

Turki memang merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama islam. Karena itu tak heran ketika video yang diduga memperlihatkan anggota DPR atau MPRnya ini disebut membaca alquran sebagai kegiatan yang dilakukan sebelum rapat, banyak yang langsung percaya. Adalah unggahan di Facebook oleh akun Julinar Sinaga yang sempat viral pada bulan Juni lalu. Setelah ditelusuri, ternyata video ini adalah hoaks. 

Video ini nyatanya berlokasi di Iran. Meski betul bahwa orang-orang di dalamnya tengah membaca alquran namun bukan sebagai pembuka sebuah rapat. Melainkan tengah melakukan pembacaan ayat secara kolektif di Kompleks Makam Imam Reza di Masshad, Iran. 

Cristiano Ronaldo Baca Alquran di Birmingham

Cristiano Ronaldo Baca Alquran di Birmingham

Siapa sih yang tidak tahu Cristiano Ronaldo? Kiprahnya di dunia sepakbola sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia juga sering melakukan aktivitas yang sarat akan kebaikan, dimana ini menjadikan sosoknya sebagai panutan baik untuk mereka yang tak gemar sepak bola. Tak heran jika Juni lalu ketika ada sebuah video pria yang mirip sekali dengan Cristiano Ronaldo tengah membaca alquran ini, langsung viral dan tersebar di mana-mana. 

Kenyataannya, Cristiano Ronaldo adalah seorang nonmuslim. Selain itu, pria yang terlihat dalam video ini, meski sangat mirip, ternyata adalah  seorang pria asal Irak Bernama Biwar Abdullah. Sejak tahun 2019 lalu, namanya memang diperbincangkan karena memiliki wajah yang mirip dengan pesepakbola Juventus tersebut. Meski ada kebenaran dalam videonya yakni tentang membaca alquran di sebuah masjid di Birmingham, Inggris. 

Video Anak Dari Papua Membaca Alquran 

Video Anak Dari Papua Membaca Alquran

Pada akhir tahun 2020 lalu, sebuah akun Youtube mengunggah video dengan narasi anak papua yang melantunkan bacaan alquran. Video ini seketika viral meski kemudian dicari kebenarannya. Dalam kanal tersebut disebutkan bahwa bocah dalam video ini tinggal di  Kecamatan Walesi, Kabupaten Wamena, Provinsi Papua. Karena terlihat meyakinkan, banyak yang kemudian percaya dengan isi video ini. 

Padahal, bocah dalam video ini adalah anak kecil yang tinggal di Pulau Pemba, Tanzania. Dan meski benar bocah ini sedang membaca ayat-ayat alquran, namun informasi pendukungnya yang keliru. Anak kecil ini adalah salah satu murid naungan sebuah badan amal di Inggris. Dan  diketahui, video anak kecil ini memang sering disalahgunakan untuk menggalang donasi. 

Raja Thailand Baca Doa Bersama Ulama Untuk Tolak COVID-19

Raja Thailand Baca Doa Bersama Ulama Untuk Tolak COVID-19

Pada awal tahun lalu, sebuah video di Facebook viral memperlihatkan Raja Thailand, Vajiralongkorn, berdoa bersama ulama demi tolak Corona. Dalam video ini disebutkan bahwa Raja Thailand tersebut memanggil para ulama islam dan ikut membaca doa. Dari potongan layar di atas memang terlihat Raja Thailand dan ratunya menengadahkan tangan layaknya seorang muslim yang sedang berdoa. Tapi benarkah? 

Setelah diselidiki, video ini memang betul Raja Thailand Vajiralongkorn dan Ratu Suthida. Namun bukan berdoa untuk menolak virus Corona melainkan sedang memimpin kompetisi pembacaan Alquran 2020 di Masjid Pusat di distrik Muang di provinsi Pattani. 

Ini adalah sebagian bukti bahwa terkadang apa yang kita lihat di internet belum tentu berisikan kebenaran. Mungkin saja memang dibuat untuk menginspirasi atau tujuan lainnya, namun sebagai pengguna internet yang bijak sebaiknya tetap bisa memfilter apakah isinya adalah kebenaran atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *