Home » Pengolahan Air Limbah / Waste Water Instalation

Pengolahan Air Limbah / Waste Water Instalation

Hari ini kita tidak bisa lepas dari limbah. Bagaimana tidak, setiap hari setiap orang menghasilkan yang namanya limbah. Dari kita mandi, mencuci baju, buang kotoran dan sebagainya.

Bahkan lebih banyak lagi limbah dihasilkan dari proses industri. Oleh karena itu, sangat perlu kita sedikit mengetahui dan mempelajari mengenai limbah. Agar nantinya kita lebih aware dengan kondisi alam saat ini agar tidak semakin rusak.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Anam SEO akan membahas seputar air limbah, penjelasan mengenai pengolahan air limbah, siapa saja yang memerlukan pengolahan dan mengapa, teknologi untuk pengolahan air limbah.

Simak terus artikel ini ya..

Pengolahan Air Limbah

Pengertian Pengolahan Air Limbah

Pengolahan Air Limbah adalah suatu proses pembersihan / penjernihan yang dilakukan pada limbah air, baik limbah dari kegiatan rumah tangga, industri, dan lainnya sehingga limbah air tersebut dapat digunakan kembali bagi lingkungan sekitar, aman dan tidak berbahaya.

Sedangkan Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah struktur yang dibuat untuk memproses pengolahan air limbah tersebut.

Jadi pengolahan air limbah itu prosesnya, sedangkan instalasi pengolahan air limbah adalah alatnya.

Proses Alur IPAL Komunal

Untuk cara kerja IPAL Komunal atau skala rumah tangga bisa digambarkan sebagai berikut :

  1. Limbah rumah tangga akan disalurkan ke Bak Kontrol.
    Bak kontrol ini adalah penghubung dari saluran rumah dengan jaringan.
  2. Dari bak kontrol, limbah akan diteruskan ke Manhole.
    Manhole fungsinya untuk mempermudah jika terjadi penyumbatan pada jaringan saluran air limbah.
  3. Dari manhole, limbah akan mengalir menuju ke IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).
    Air limbah akan diproses secara sedimentasi dan filtrasi secara anaerob.

Langkah-langkah Pengolahan Air Limbah Industri

Dari informasi yang kami dapat, terdapat 3 tahapan langkah pengolahan air limbah.

  1. Pra Pengolahan
    Pada tahan awal ini, air limbah akan dipisahkan dari material padat dan kasar atau bisa disebut proses screening.
  2. Pengolahan Primer
    Tahan ini menggunakan teknik pengendapan / sedimentasi. Nantinya sedimen padat tersebut akan dibuang / dipisahkan dari limbah air.
  3. Pengolahan Sekunder
    Pada tahan pengolahan sekunder dilakukan pengolahan secara biologis.
  4. Pengolahan Tersier
    Pengolahan terakhir yang menghasilkan limbah aman untuk lingkungan.

Selain itu, dalam pengolahan air limbah juga ada proses tambahan lainnya seperti proses pengeringan limbah dan pengurangan jumlah busa.

Mengapa Diperlukan Pengolahan Air Limbah?

Pengolahan air limbah sangat perlu dilakukan mengingat limbah dapat mencemari lingkungan dan merusak ekosistem disekitar. Mahluk yang hidup di air bisa mati, juga tanaman tidak bisa berkembang dan bertumbuh dikarenakan air yang tercemar.

Lama kelamaan, air yang tercemar tersebut juga tidak bisa digunakan oleh manusia. Jika sudah terjadi demikian, tidak akan ada kehidupan di daerah tercemar tersebut.

Itulah alasan mengapa diperlukan pengolahan air limbah, terutama dari industri dan pertambangan yang bisa menghasilkan limbah dalam jumlah besar.

Siapa yang Memerlukan Pengolahan Air Limbah?

Tidak bisa dipungkiri semuanya butuh pengolahan air limbah demi lingkungan yang lebih baik. Mulai dari skala rumah tangga hingga industri.

Pemerintah sendiri banyak membangun IPAL Komunal skala rumah tangga di pemukiman padat penduduk. Memang masih terbatas, namun sosialisasi pembangunan IPAL itu sendiri terus digalakkan.

Untuk skala industri ada aturan wajib pengolahan limbah dan dilarang membuang limbah yang belum diolah ke sungai karena dapat mencemari lingkungan sekitar. Jika diketahui perusahaan yang berbuat curang, tentu ada saksi tegas untuk mereka.

Teknologi Pengolahan Air Limbah

Mengenai teknologi pengolahan air limbah bisa anda cari informasinya ke perusahaan-perusahaan jasa instalasi pengolahan air limbah Indonesia atau bahasa kerennya waste water treatment Indonesia.

Biasanya tidak hanya menyediakan teknologi-teknologi terbaru, para perusahaan tersebut akan menyediakan kebutuhan lengkapnya seperti :

  • Desain Struktur IPAL
  • Pembangunan IPAL
  • Manajemen Proyek
  • Pemasangan dan Penyediaan Peralatan
  • Training Operator dan Maintenance
  • Dan lainnya.

Water Treatment Chemicals untuk Menjarnihkan Air

Dalam proses penjernihan air, ada juga yang menggunakan bahan kimia. Cara kerjanya yaitu dengan mengikat kotoran-kotoran yang terdapat di dalam air. Sehingga nantinya kotoran yang telah terikat tersebut bisa dengan mudah dibersihkan.

Penutup

Ini adalah beberapa informasi yang bisa Anam SEO sampaikan untuk anda. Sekarang anda sudah tahu mengapa proses pengolahan limbah itu penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Dan juga beberapa info lain mengenai pengolahan air limbah.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *