Buah Naga untuk Bayi – Buah naga adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bisa dikonsumsi oleh semua umur. Hanya saja khusus buat bayi yang usianya baru 1 sampai 4 atau 5 bulan sama sekali tidak disarankan untuk mengonsumsi buah naga, karena memang pada usia mereka yang sebelum enam bulan itu pencernaannya tidak siap untuk diberikan makanan padat, walaupun buah naga sekalipun. Larangan memberikan makanan lain selain air susu ibu dikarenakan pencernaan anak memang belum cukup kuat, memberikan makanan padat sebelum waktunya (MPASI dini) akan menyebabkan banyak masalah, dari mulai sembelit, kembung, sampai usus yang robek.

Maka karena itu, di usia anak yang ke enam bulan barulah dianjurkan untuk memberikan makanan pendamping ASI, karena di usianya yang ke enam bulan pencernaan anak sudah menjadi jauh lebih kuat dan siap untuk mencerna makana lembek sampai tekstur yang lebih padat, termasuk buah naga.

Buah Naga untuk Bayi

Buah Naga untuk Bayi

Perhatikan Terlebih Dahulu Tanda-Tanda Ini

Sebelum memberi MPASI buah naga, pastikan dulu buah hati anda sudah memiliki tanda-tanda berikut ini :

  • Bayi sudah berusia lebih dari 5 bulan
  • Bayi pun sudah bisa mengontrol gerakannya sendiri dengan cukup baik, misalnya mengontrol gerakan kepalanya
  • Bayi sudah mampu duduk dengan tegak dan stabil
  • Bayi mulai menunjukkan gerakan mengunyah-ngunyah, ia juga mulai mengambil benda-benda yang ada di sekitarnya untuk dimasukkan ke dalam mulut
  • Berat badan si kecil sudah memiliki berat badan dua kali lipat dari hari lahirnya, tak lebih dari dua kali lipatnya pun setidaknya mendekati
  • Bayi terlihat masih lapar walaupun setelah diberikan susu
  • Si kecil terlihat ingin mengambil makanan atau apapun yang sedang dimakan oleh ibunya

Apabila ingin memberikan makanan pendamping ASI bagi si buah hati, pastikan sudah memiliki tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas, apabila si kecil belum menunjukkan ciri-ciri di atas, maka sebaiknya tunda dulu. Bukan cuma makanan pendamping yang harus dihindari, susu sapi juga terlarang untuk anak di bawah satu tahun, kecuali beberapa jenis susu formula khusus untuk anak bayi di bawah satu tahun.

Buah Naga untuk Bayi

Buah Naga untuk Bayi

Kembali ke topik pembahasan, apa saja kelebihan buah naga untuk dijadikan makanan pendamping bagi bayi? Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam satu buah naga merah yang beratnya kurang lebih 260 gram (rata-rata di pasaran buah naga dijual dalam ukuran 250 gram-an atau mendekati) dibandingkan dengan angka kecukupan gizi untuk bayi yang usianya baru 7 bulan, sampai 1 tahunan

Kandungan Vitamin

VitaminMassa/Nilai%AKG
Vitamin E1,04 mg20,8 % (5 mg)
Vitamin B10,21 mg70 % (0,3 mg)
Vitamin B20,16 mg40 % (0,4 mg)
Vitamin B60,13 mg43 % (0,3 mg)
Folate (pre-B9)114,4 μg142 % (80 μg)
Asam Pantotenat1,38 mg77 % (1,8 mg)
Vitamin C18,2 mg61 % (30 mg)
Niasin1,04 mg26 % (4 mg)
Vitamin A (Retinol)240 μg60 % (400 μg)
Cobalamin (Vit B1234 μg680 % (0,5 μg)

Sementara itu di bawah ini adalah kandungan mineral yang ada dalam buah naga merah dan dibandingkan dengan angka kecukupan gizi untuk bayi yang usianya 7 sampai 1 tahun.

Beragam Kandungan Buah Naga yang Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kandungan Mineral

MineralMassa/Nilai%AKG
Potassium910 mg76 % (700 mg)
Magnesium106,6 mg141 % (75 mg)
Zat besi0,78 mg7 % (11 mg)
Zink0,78 mg19 % (3 mg)
Kalsium15,6 mg3,9 % (400 mg)
Tembaga0,08 mg27,5 % (0,22 mg)
Mangan0.23 mg38 % (0,6 mg)

Bagaimana? Lengkap sekali bukan kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah naga? Maka karena itu sangat cocok untuk dijadikan untuk santapan pendamping ASI, mampu mencukupi semua kebutuhan nutrisi bagi anak dalam satu hari. Seperti yang dilansir dari Babyjustify dan WEBMD juga wholesomebabyfood, rata-rata bayi diketahui mampu mengonsumsi makanan lain selain ASI sebanyak 113 gram per harinya, sampai dengan 226 gram seharinya.

24 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Apalagi ditambah dengan warna buah naga yang merah merona sudah cukup menarik untuk bisa membuat bayi yang berusia 6 bulanan jadi mendapatkan nafsu makan yang tinggi. Rasa buah naga juga tidak terlalu manis, cocok sekali untuk mengenalkan rasa untuk anak. Kemudian adanya serat yang lumayan dalam buah naga bagus sekali untuk menjaga sistem pencernaan anak, ditambah lagi dengan kandungan antioksidan yang dimilikinya juga mampu mencegah berbagai masalah kesehatan bagi bayi.

Tapi apakah semua bayi bisa mengonsumsi buah naga sebanyak setengah sampai sebutir per harinya? Tentu saja tidak, karena setiap anak berbeda-beda kemampuan makannya. Ada anak yang selera makannya tinggi dan memiliki kapasitas perut yang besar sehingga mampu mengonsumsi lebih  banyak buah naga, ada juga yang sebaliknya. Yang jelas adalah anda sebagai orangtua tak boleh memaksakan anak untuk menghabiskan semua porsi yang disediakan untuk anak, biarkan dia memakan sebanyak yang ia mau, dan jika tak dihabiskan sebaiknya jangan dipaksakan karena bisa membuat anak muntah, parahnya lagi anak malah jadi trauma dengan buah naga. Anak memiliki tanda-tanda untuk perutnya sendiri, kapan ia harus berhenti dan kapan harus makan.

Cara Membuat Jus Buah Naga Merah untuk Diet dan Cemilan Sehat

Tugas sebagai orangtua adalah mempelajari dan mengamati bagaimana reaksi anak tentang buah naga yang ia konsumsi. Apakah anaknya tidak suka buah naga tersebut, atau malah doyan? Jika si kecil doyan, maka kita harus manfaatkan hal itu untuk membuat si kecil dapatkan asupan nutrisi yang pas setiap harinya. Anda harus kreatif saat menyajikan makanan untuk anak, jangan melulu memberikan buah naga dalam bentuk polosnya alias langsung makan, anda bisa mengolahnya menjadi santapan lainnya supaya anak tidak bosan.

Anda bisa memvariasikan buah naga dengan buah lainnya yang memiliki tekstur yang cukup lembut, misalnya adalah buah pisang, bisa juga buah apel yang sudah matang sehingga lebih lembut dagingnya. Tetapi jika misal apel terasa terlalu keras untuk gusi si kecil, kita bisa mengukusnya terlebih dahulu dan menambahnya dengan buah pir yang juga dikukus sehingga lebih mudah dikonsumsi. Lantas bagaimana dengan biji buah naga yang banyak berserakan di dalam daging buah naga? Tak usah khawatir, sebab biji dalam buah naga tersebut tidak akan memberikan masalah apapun untuk pencernaan bayi.

Aneka Olahan Buah Naga Resep dan Cara Membuatnya

Variasi Olahan Buah Naga

Ingin coba olahan lainnya untuk MPASI buah naga? Cobalah membuat puding buah naga yang terdiri dari jus buah naga dengan susu serta agar-agar, boleh juga sesekali membuat bolu kukus buah naga yang rasanya tak kalah lezat dari bolu biasa, lebih sedap, lebih sehat juga.

https://anam.my.id/konveksi-seragam-kerja-jakarta-surewi-wardrobe-ahlinya/

Categories: Kesehatan

Syaiful Anam

Nubi Internet Marketer. Kerjaannya jualan online di www.amanjayastore.com dan pabrikpayungpromosi.blogspot.com. Penulis tunggal di anam.my.id