Kesehatan > 9 Makanan Penurun Asam Urat

9 Makanan Penurun Asam Urat

Jika ada makanan yang menyebabkan asam urat naik, maka ada juga makanan penurun asam urat yang bisa dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penurun asam urat yang bisa dengan mudah anda ditemukan disekitar, sehingga bisa membantu proses penyembuhan asam urat anda.

Makanan Penurun Asam Urat
img by top10homeremedies.com

9 Makanan Penurun Kadar Asam Urat

Berikut ke 9 makanan tersebut untuk anda konsumsi

Minyak Zaitun

Jenis minyak yang satu ini memiliki khasiat yang berlimpah, termasuk untuk asam urat. Anti inflamasi, antioksidan, kaya asam lemak tak jenuh, semuanya mampu turunkan kadar asam urat

Buah Ceri

Buah ceri yang rasanya menyegarkan ini menjadi obat penurun asam urat yang paling enak, bahkan menurut penelitian pun dinyatakan bahwa buah ceri mampu menurunkan risiko gout, atau gangguan yang berhubungan dengan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh seseorang.

Teh hijau

Apabila anda mengonsumsi teh hijau dengan rutin, maka anda bisa menurunkan asam urat secara perlahan, lho. Sebab di dalamnya terkandung anti inflamasi yang mampu redakan hiperurisemia, yakni kondisi kadar asam urat sangat tinggi dalam darah manusia.

Air putih

Yang satu ini paling mudah untuk ditemukan, karena sehari-hari pun biasa dikonsumsi dan bahkan ada yang tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk meminum air putih. Memang sangat sederhana, tetapi pada kenyataannya minum air putih sebanyak 10-12 gelas setiap hari mampu menurunkan kadar asam urat yang berlebihan. Biasakan untuk dikonsumsi air hangat sebelum sarapan saat perut kosong.

Buah Berries

Ada banyak sekali jenis buah yang termasuk ke dalam kelompok berries, atau beri-berian. Misalnya saja blackberry, strawberry, cranberry, dan masih banyak lagi. Mereka memiliki kandungan yang bagus sebagai penurun kadar asam urat di dalam tubuh, apalagi antioksidan di dalamnya juga sudah tidak diragukan lagi, lho.

Untuk mendapatkan khasiatnya, maka anda harus mengonsumsinya dengan rutin. Tidak perlu banyak-banyak, namun konsumsi dalam jumlah sedikit tetapi sering konsumsinya. Anda bisa membubuhkan berries ke dalam jus tanpa gula anda, atau menjadikannya sebagai salad buah, atau bisa juga sebagai cemilan sehat atau boleh juga menjadikannya topping pancake dan berbagai olahan lainnya.

Lemon

Tak hanya untuk infused water, buah sejuta manfaat ini mampu turunkan asam urat, juga menurunkan kadar kolesterol. Dengan kandungan vitamin C-nya bisa melarutkan asam urat dalam darah, kemudian dikeluarkan melalui cairan kencing.

Tomat

Anda boleh mengonsumsi tomat untuk menurunkan asam urat, bahkan tomat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Buah yang kaya antioksidan ini memiliki sifat alkali alami, terutama saat zat tersebut bercampur dengan darah dan bisa menurunkan kadar asam urat secara perlahan.

Ikan

Pilihlah beberapa jenis ikan seperti salmon, sarden dan makarel, sebab kandungan omega 3 yang cukup tinggi bisa membantu tubuh untuk melawan serangan bakteri, juga bisa membantu tubuh kurangi pembengkakan, serta peradangan akibat asam urat.

Buah Pisang

Siapa yang tak tahu buah pisang? Buah yang sangat familiar di Indonesia, kaya  potasium, mengandung antioksidan, dan juga vitamin C. Jika rutin mengonsumsinya, maka anda bisa turunkan kadar asam urat juga lho.

Itulah beberapa macam makanan penurun asam urat yang direkomendasikan oleh anam.my.id untuk dikonsumsi, supaya anda bisa terhindar dari kadar asam urat yang tinggi. Selain mengonsumsi makanan untuk menurunkan kadar asam urat, anda juga harus menghindari berbagai makanan yang menyebabkan asam urat naik.

2 thoughts on “9 Makanan Penurun Asam Urat”

    1. Betul mbak.. Sepertinya sepele ya minum air putih. Padahal itu sangat baik untuk tubuh. Dan kebanyakan orang malah lupa minum air putih karena kesibukannya. Semoga jenengan dan keluarga selalu sehat dan mampu menebar manfaat dari tulisan2 di websitenya. aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.