Kesehatan > 5 Gejala Asam Urat Tinggi

5 Gejala Asam Urat Tinggi

Apakah anda sering merasakan sakit pada sendi dengan mendadak? Dan biasanya terjadi di pagi hari, ada juga yang terjadi tiba-tiba di malam hari? Atau barangkali pada bagian sendi anda tiba-tiba berubah warna menjadi kemerahan dan saat ditekan terasa lunak? Membengkak sampai sulit untuk beraktivitas? Waspada. Bisa jadi itu gejala asam urat tinggi!

Asam urat menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup merepotkan, karena menyerang sendi dan membuat penderitanya tidak bisa melakukan aktivitas dengan leluasa. Biasanya menyerang usia di atas 30 tahun, namun tak jarang ada juga kasus yang menyerang usia di bawahnya.

Sakit Asam Urat
Image Source : onsmd.com

Tanda / Gejala Asam Urat

Apa saja gejala asam urat tinggi? Memang asam urat tak bisa diprediksi dan tidak bisa dilihat secara fisik sebelum terasa nyerinya. Ada beberapa gejala yang bisa diakumulasikan sebagai penyakit asam urat yang harus anda waspadai, yaitu :

Berawal dari Nyeri di satu bagian Sendi

Saat kristal asam urat menempel pada persendian, yang menjadi gejala awal adalah terasa nyeri dan bengkak, juga kemerahan dan terasa panas. Biasanya terjadi di malam hari, pada satu bagian sendi.

Sendi yang lain juga mulai Merasa Nyeri

Tanda-tanda asam urat yang kambuh itu dimulai dari bagian jempol kaki yang nyeri dan bengkak, kemudian bagian sendi yang lain juga turut merasakan nyeri, misalnya sendi pasa pergelangan kaki, pada lutut, tumit, pada jemari tangan dan juga siku serta sendi tubuh bagian lainnya.

Selama 10-30 menit pada malam hari, biasanya kambuh akan terjadi. Pada awalnya hanya menyerang satu sendi, dan kemudian serangan asam urat berikutnya menyasar pada sendi yang lain juga.

Waktu Terjadinya Gejala makin panjang

Saat nyeri sendi parah sudah mulai reda, maka sendi tetap terasa kurang nyaman selama beberapa waktu, sampai beberapa minggu. Jika anda tak ditangani dengan tindakan medis yang tepat maka bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sendi anda.

Kulit Terkena Dampak dari sakit asam urat

Pasien yang sudah bertahun-tahun menderita asam urat, berkali-kali merasakan kambuh dan sembuh, maka kristal asam urat bisa jadi membentuk benjolan yang ada di bawah kulit. Memang benjolan ini tidak akan terasa sakit, namun ada rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Adapun kristal yang menumpuk tersebut disebut dengan tophi, dan tophi timbul pada sendi di jari jemari kaki atau tangan, pergelangan tangan dan kaki, juga di bagian bawah siku pasien.

Ada Risiko sakit ginjal

Hal yang paling berbahaya dari asam urat adalah bisa menyebabkan batu ginjal, yang bisa berujung pada kematian. Kristal asam urat yang terbentuk tersebut bisa saja menempel pada saluran kemih yang biasanya terjadi pada para pria. Adapun gejala batu ginjal yang terjadi akibat komplikasi asam urat ini adalah demam, terasa nyeri di pinggang, serta kencing yang berdarah juga.

Itulah beberapa gejala asam urat tinggi yang harus anda waspadai, sedikit saja gejala yang muncul harus anda perhatikan dan jangan dibiarkan sampai berkembang menjadi lebih parah.

Anda bisa melakukan pengobatan secara medis untuk meredakan gejala asam urat, bisa juga dengan mengambil pengobatan secara herbal seperti mengonsumsi obat asam urat mosehat dan makanan penurun asam urat. Pengobatan herbal dilakukan untuk mengurangi gejala asam urat, juga untuk menghindarkan gejala tersebut kambuh di kemudian hari.

Anda juga boleh memadukan pengobatan medis dengan pengobatan herbal, asalkan anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Jangan lupa juga, selain mewaspadai gejala asam urat terjadi sebaiknya mulai juga hindari makanan penyebab asam urat agar tidak kambuh.

Semoga artikel anam.my.id ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Atas perhatiannya terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.