Home » Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak yang Tepat

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak yang Tepat

Penggunaan konsultan pajak sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Hal ini terkait dengan penurunan kepatuhan pajak dan rasio pajak di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Berikut ini kami jelaskan lebih lengkap tentang cara memilih konsultan pajak yang tepat.

Pentingnya Jasa Konsultan Pajak

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan tentang pajak, orang yang berprofesi sebagai konsultan pajak harus dapat memberikan pelayanan konsultasi perpajakan. Dengan demikian, wajib pajak dapat melaksanakan tugas dan memenuhi kewajibannya.

Konsultan di bidang perpajakan berdampak positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Dengan begitu, kemungkinan peningkatan tax ratio negara semakin besar. Mereka yang berprofesi sebagai konsultan pajak biasanya dituntut untuk bisa merumuskan kebijakan yang membantu perpajakan negara.

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak
Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak. Image Source Gramedia.com

Sedangkan ketika masuk ke tengah masyarakat umum, konsultan harus mampu menyampaikan informasi yang kompleks dengan bahasa yang mudah dipahami. Anda perlu mengetahui layanan hingga kriteria konsultan terpercaya.

Izin Praktik Konsultan Pajak

Selain mengenal jasa, calon klien yang akan mengambil jasa konsultan pajak perlu mengetahui jenis izin praktik yang dikantongi oleh profesinya. Ada 3 jenis izin praktik bagi orang yang bekerja di kantor konsultan pajak, antara lain:

Level A

Konsultan yang memegang izin praktik ini adalah mereka yang memiliki sertifikasi yang menunjukkan perilaku keahlian dalam melayani di bidang perpajakan mengenai pelaksanaan hak dan pemenuhan perpajakan. Namun, hal ini tidak berlaku bagi klien yang berdomisili di negara yang memiliki perjanjian menghindari pajak berganda dengan Indonesia.

Level B

Izin praktik level B sebenarnya hampir sama dengan level A, terutama dalam kemampuan memenuhi pelayanan bagi wajib pajak. Namun, konsultan pajak terbaik di kota-kota besar dengan izin praktik ini tidak menangani klien yang melakukan penanaman modal asing, usaha tetap, atau tinggal di negara dengan persetujuan yang sama di level A.

Level C

Terakhir, ada izin praktik level C yang dimiliki oleh konsultan bersertifikat yang mampu menunjukkan tingkat kemampuannya di bidang perpajakan. Satu hal yang membedakannya dari level A dan level B adalah konsultan pemegang izin praktik level C dapat menangani wajib pajak orang pribadi maupun badan usaha.

Menentukan Jasa Konsultan Pajak

Memahami jenis layanan dan izin praktik adalah 2 hal penting dalam menentukan konsultan pajak yang tepat. Faktor-faktor lain yang akan membawa anda ke konsultan profesional meliputi:

Memiliki Kompetensi Perpajakan

Kompetensi konsultan pajak biasanya dapat dibuktikan dengan sertifikasi profesi. Kompetensi perpajakan dapat diperoleh melalui Ujian Ahli Akuntansi Pemerintahan, dan perguruan tinggi pajak. Selain itu, masyarakat yang bekerja di kantor konsultan pajak wajib memiliki NPWP.

Anggota Asosiasi Konsultan Pajak

Pastikan mereka memiliki rekam jejak yang bersih atau baik dan memiliki pengalaman di bidang perpajakan. Salah satu hal yang dapat menjamin profesionalisme konsultan adalah telah terdaftar sebagai anggota Ikatan Konsultan Pajak.

Cek Tarif

Tarif jasa yang ditetapkan oleh masing-masing konsultan tentunya berbeda-beda. Ada yang mengenakan tarif berdasarkan jumlah jam kerja dan selesainya pekerjaan. Selain itu, nama dan reputasi juga mempengaruhi rate, semakin terkenal, semakin mahal.

Memiliki Etos Kerja yang Baik

Etos kerja berkaitan dengan kesediaan untuk berbagi ilmu, mematuhi peraturan perundang-undangan, menjaga rahasia perusahaan, bekerja dengan cermat dan komunikatif. Kami sebagai jasa konsultan pajak berpengalaman siap membantu anda menerapkan kepatuhan pajak. Itulah penjelasan tentang tips memilih jasa konsultan pajak yang tepat, semoga bermanfaat bagi para pembaca website Anam SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *