Souvenir > Ide Souvenir 4, 7 Bulan Kehamilan yang Unik

Ide Souvenir 4, 7 Bulan Kehamilan yang Unik

Indonesia memiliki banyak sekali tradisi yang unik, salah satunya adalah syukuran kehamilan pada usia 4 dan 7 bulan. Tak hanya dilakukan oleh masyarakat dari suku dan pulau tertentu saja, namun dari ujung timur hingga ke ujung barat Indonesia. Hal itu membuat kekayaan budaya Indonesia semakin beragam.

Ide Souvenir 4, 7 Bulan Kehamilan yang Anti Mainstream

Ada banyak sekali jenis souvenir yang bisa dipilih untuk acara spesial ini, dari mulai benda-benda yang berukuran besar, sampai yang paling kecil sekalipun. Walau demikian, dari sekian banyaknya barang, kadangkala kita dibuat bingung sendiri untuk memilih souvenir mana yang paling tepat. Untuk yang sedang bingung, berikut ini adalah inspirasi ide souvenir 4, 7 bulanan yang jarang dipilih, tetapi mengesankan. Silahkan disimak :

Ide Souvenir 4, 7 Bulan Kehamilan yang Anti Mainstream
Ide Souvenir 4, 7 Bulan Kehamilan yang Anti Mainstream gbr via Tribunnews

Kaos Kaki

Siapa yang menyangka jika kaos kaki juga bisa menjadi pilihan souvenir, walaupun sangat tidak populer namun ternyata bisa jadi souvenir yang unik. Sebaiknya memilih warna yang natural dan unisex saja, sehingga bisa dikenakan oleh lelaki atau pun perempuan. Tetapi jika ingin memilih kaos kaki yang berbeda untuk lelaki maupun perempuan pun tak apa, sesuai selera saja.

Pot Kaktus Kecil

Banyak orang yang suka dengan kaktus, salah satunya karena bentuknya yang unik, mungil dan juga tak susah mengurusnya. Maka karena itu, memilih pot kecil berisi kaktus mini bisa jadi pilihan yang paling tepat. Bisa memilih pot plastik, atau kain goni yang eksentrik dan jangan lupakan untuk menyematkan kartu kecil sebagai ucapan terima kasih, ya!

Sepasang Sendal Jepit

Memberi sendal jepit sebagai souvenir baby shower? Bisa! Kita boleh memilih sendal jepit dewasa maupun sendal jepit untuk anak-anak. Namun jika memilih sendal jepit anak-anak, bisa jadi mubazir karena tak semua undangan memiliki anak dengan ukuran kaki yang sesuai. Jadi lebih baik memilih sendal jepit untuk dewasa. Pilihlah sendal dengan nuansa etnik supaya unik, misalnya berbahan anyaman, motif batik, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Payung

Masyarakat Indonesia terbilang kurang suka menggunakan payung, sedikit sekali orang yang selalu membawa payung saat bepergian di musim hujan. Maka karena itu, memberikan souvenir yang berupa payung lucu bisa menjadi solusi. Tak hanya unik dan memiliki nilai memori yang tinggi, juga bisa bermanfaat. Bisa memilih payung kecil, atau payung ukuran normal sekalipun. Untuk dewasa biasanya menggunakan warna-warna pekat dan tegas, tetapi jika ingin memilih warna yang cerah atau warna pastel pun tak ada yang melarang. Apalagi ini untuk souvenir acara 7 bulanan.

Sekotak Macaroon

Kue kering yang satu ini dibuat dengan menggunakan tepung almond, yang notabene harganya agak mahal. Itulah kenapa macaroon menjadi jenis kue kering yang cukup bergengsi, mengingat bahan-bahannya juga sulit untuk ditemukan. Itu juga jadi alasan kenapa sekotak macaroon bisa menjadi souvenir 7 bulanan yang eksklusif. Tak hanya warnanya yang cantik dan lucu-lucu, rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah lembut membuat macaroon istimewa.

Aneka Permen

Jangan kaku dengan memilih souvenir yang berupa barang—barang saja, sebab pada kenyataannya kadang para tamu lebih menyukai makanan jika dibandingkan dengan souvenir yang berupa barang. Maka karena itu, memberikan souvenir yang berupa makanan manis seperti permen, bisa jadi solusi yang menggiurkan. Kita bisa memilih permen import kiloan, atau merk permen yang lumayan bergengsi supaya rasanya jelas nikmat dan juga tampilannya juga cantik.

Balm Bibir

Balm bibir atau lip balm adalah pilihan souvenir anti mainstream lainnya, cocok jika tamu undangan yang kita undang hadir adalah mereka yang berusia masih muda. Ada banyak sekali merk lip balm di pasaran, memiliki aroma yang wangi dan menggiurkan, seperti aroma buah-buahan, aroma bunga, permen dan juga cokelat. Memberikan lip balm sebagai souvenir menjadi angin segar, yang tak hanya unik dan lucu, tetapi juga bermafaat untuk menjaga bibir jadi lembut.

Kotak Tisu

Wah, kotak tisu juga bisa jadi souvenir 4, 7 bulan kehamilan yang unik lho! Apalagi jika pesan desain sendiri dengan memasukkan karikatur bayi lelaki atau perempuan, dengan warna pink atau biru dan bentuknya juga mungil, pasti bukan hanya bikin gemas namun juga bermanfaat, bisa digunakan sebagai wadah tisu supaya tak berantakan.

HP Holder

Mengingat ponsel menjadi hal yang penting untuk masyarakat modern, maka tak heran jika kita memberikan souvenir aksesoris HP bisa menyenangkan para undangan. khusus untuk acara 4, 7 bulan kehamilan ini bisa memilih holder dengan nuansa bayi, seperti bentuk dot, atau bayi lelaki dan perempuan yang lucu. Selain itu, harga holder HP juga sangat murah sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran.

Tempered Glass

Yang satu ini juga jadi benda yang dicari-cari oleh masyarakat modern, tentu akan sangat berguna jika kita memilih ini sebagai sebuah souvenir 4, 7 bulan kehamilan. Kemas dalam sebuah amplop cantik warna biru atau pink pastel, pilih tempered glass universal sehingga bisa digunakan untuk berbagai tipe HP.

Bantal Leher

Untuk yang inginkan souvenir lahiran yang lebih mencolok mata, bisa memilih bantal leher. Ukurannya yang besar tentu bisa menarik minat para tamu undangan, apalagi jika dibuat dengan warna yang cerah dan bentuk yang lucu, misalnya seperti bentuk hewan yang dibuat melingkar untuk leher.

Souvenir Kehamilan Bantal Leher Lucu

Kue Mangkuk

Karena kenang-kenangan yang berbentuk barang kadang membingungkan, kita juga boleh memilih kue mangkuk atau cupcake menjadi souvenir 4, 7 bulan kehamilan, lho! Ada banyak sekali desain cupcake untuk baby shower maupun 7 bulanan yang lucu, dan pastinya membuat undangan jadi gemas melihatnya.

Reusable Straw

Bukan hanya unik dan lain daripada yang lain, namun juga mendukung program mengurangi penggunaan plastik. Kita bisa memilih reusable straw yang terbuat dari steel atau dari bambu, sehingga tampilannya lebih klasik.

Centong Kayu

Mengapa centong kayu? Karena benda ini pasti akan digunakan oleh undangan saat di rumah nanti. Pilih centong kayu yang dibuat dengan baik, halus pengerjaannya, sehingga terlihat lebih eksklusif.

Kemasan untuk Souvenir Baby Shower

Apalah arti souvenir yang cantik, jika tidak dikemas dalam bungkus yang tepat. Bukannya terlihat menarik, malah terlihat kurang bagus dan tak ada yang mau mengambil souvenirnya karena berkesan sembarangan.

Maka karena itu, pilihlah kemasan souvenir yang tepat untuk tampilan yang lebih eksklusif. Apa saja jenis kemasannya? Bisa dipilih dari daftar berikut ini :

Kain Tile

Merupakan kain yang berjaring, tidak kusut dan memiliki warna yang cerah sehingga cocok jadi kemasan berbagai souvenir. Jika memilih boneka, bantal leher, mug dan benda-benda dengan bentuk yang lucu maka gunakan kain tile ini sebagai kemasannya. Kita bisa membeli kain tile di toko souvenir, toko alat kerajinan dan juga di toko kain. Harganya juga murah, apalagi jika dibeli dalam jumlah besar atau rol-rolan.

Plastik Mika

Ini adalah kemasan souvenir yang banyak digunakan, plastiknya kokoh, dan bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Kita bisa memesan plastik mika di toko souvenir online atau toko offline pun bisa. Ada yang berbentuk kotak, persegi panjang dan bahkan berbentuk tabung, sesuai dengan pesanan sehingga lebih simpel dan sesuai keinginan kita. Memesan dalam jumlah banyak lebih murah, memasangnya juga mudah karena tinggal ditempel menggunakan double tape saja.

Kotak Kertas

Ada banyak sekali bahan kotak kertas ini, dari dus tebal seperti kardus kemasan pada umumnya, namun untuk souvenir yang notabene kecil-kecil tentu lebih cocok menggunakan kotak kertas yang tipis seperti karton. Karton pun banyak yang kokoh, kok! Belum lagi motifnya pun bisa menyesuaikan dengan pesanan, warnanya pun cerah dan menarik mata. Untuk yang memilih souvenir berupa macaroon atau kue kering lainnya, bisa menggunakan kotak kertas ini supaya terlihat lebih elegan dan berkelas.

Tradisi 7 Bulanan Populer di Indonesia

Keunikan macam-macam tradisi tujuh bulanan dari tiap daerah sangat mengagumkan, membuat masyarakat bahkan menanti-nanti adanya tradisi 4 dan 7 bulanan, supaya bisa menikmati prosesinya yang unik dan membuat penasaran.

Saat upacara 4 dan 7 bulan kehamilan, selain mengadakan syukuran dan tradisi khas daerah masing-masing, juga akan diberikan souvenir 4, 7 bulan kehamilan. Souvenir tersebut biasanya dibuat khusus untuk para tamu undangan, sebagai kenang-kenangan spesial yang akan membuat acara 4, 7 bulanan selalu dikenang.

Souvenir yang diberikan biasanya disesuaikan dengan latar belakang masing-masing, yang berasal dari suku Sunda maka akan memilih souvenir bernuansa Sunda, suku Betawi juga pasti lebih memilih souvenir dengan nuansa Betawi yang kental, dan seterusnya.

Berikut beberapa yang paling populer :

Tradisi Nujuh Bulanin dari Betawi

Dikenal juga sebagai Kekeba atau Nujuh Bulanin, karena upacara ini selalu dilakukan pada bulan ketujuh kehamilan seseorang. Kenapa bulan ke tujuh? Karena usia kehamilan sudah dianggap cukup, si janin pun telah terbentuk dengan sempurna, dan juga sudah ditiupkan roh ke dalamnya oleh Tuhan YME. Untuk mengucap syukur pada yang Maha Kuasa, maka upacara ini pun diadakan.

Dengan melakukan tradisi ini, kedua orangtua dan keluarga memiliki harapan supaya sang anak tumbuh menjadi anak dengan budi pekerti luhur, soleh dan juga patuh pada perintah kedua orang tua.

Upacara Nujuh Bulanin ini dilakukan sejak pagi, awalnya ibu-ibu pengajian membaca ayat suci Al-Qur’an, khususnya surat Yusuf. Setelah itu adalah acara memandikan ibu hamil, dimulai dari dukun beranak, lalu oleh si suami, ibunya dari ibu hamil, mertua perempuan dan beberapa kerabat dekat perempuan sebanyak tujuh orang. Jika sudah selesai mandi, maka dilanjutkan tradisi ‘Ngirag’ atau ‘Ngorong’.

Acara pokok selesai dikerjakan, lalu acara berlanjut makan siang bersama dan ditutup dengan membagikan rujak pada para tamu undangan yang hadir.

Tradisi Mitoni dari Jawa

Dalam acara Mitoni atau tujuh bulanan ala Jawa, ada bebera ritual yang biasa dilakukan dan memiliki filosofi serta berbagai makna tersendiri. Ritual pertama yang harus dilakukan adalah Siraman, maksudnya untuk membersihkan baik lahir maupun bathin dari si ibu dan si jabang bayi. Dilakukan oleh tujuh orang yang memiliki peranan penting dari calon ibu dan juga dari keluarga calon ayah. Menggunakan batok kelapa, kemudian membasahi tubuh si calon ibu dimulai oleh yang tertua dari yang terpilih tersebut.

Setelah itu dilanjutkan dengan acara Brojolan, ayah dari si jabang bayi akan meluncurkan dua buah kelapa cengkir melalui kain yang sang ibu kenakan, cengkir tersebut sudah dilukis dengan Dewi Kamaratih (untuk melambangkan bayi perempuan yang cantik) dan Dewa Kamajaya (yang melambangkan bayi lelaki berwajah tampan). Ini melambangkan harapan untuk melahirkan dengan lancar dan sempurna.

Acara dilanjutkan dengan membelah kelapa cengkir, menjadi simbol sebagai pembuka jalan lahir si kecil. Jika kelapa cengkirnya muncrat, maka bisa jadi yang lahir adalah anak lelaki dan jika merembes maka bisa jadi lahir anak perempuan. Namun tentu saja ini tak bisa dijadikan patokan secara pasti.

Setelah membelah cengkir selesai, lanjut dengan pembagian Takir Pontang. Yang dimaksud dengan Takir Pontang ialah makanan yang dibungkus dengan daun pohon pisang serta janur. Makanan tersebut pun dikemas dalam bentuk serupa kapal, dengan maksud dalam mengarungi bahtera kehidupan, si jabang bayi harus mampu menata diri dan pikirannya, sebab bahtera hidup tak selalu tenang melainkan mengikuti gelombang kehidupan yang tak tentu. Hidangan-hidangan tersebut diletakkan di atas takir pontang jadi suguhan, khusus untuk tetamu dan sesepun masyarakat yang hadir.

Terakhir, ibu berjualan Dawet dan Rujak. Memiliki filosofi usaha kedua orangtua untuk mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan si buah hati hingga ia dewasa nanti. Selain itu, dengan mengadakan prosesi ini diharapkan si kecil banyak rezeki untuk dirinya sendiri, untuk keluarga dan juga sekelilingnya.

Tradisi Nujuh Bulanan dari Sunda

Nuju Bulanan atau Tingkeban diawali dengan pembacaan surat Yusuf, Surat Lukman dan juga surat Maryam. Setelah itu siraman dimana calon ibu mengganti kain yang dikenakan tiap satu kali siraman hingga 7 kali. Kemudian suami memasukkan dua buah kelapa gading dan disiram oleh kedua ortu serta tujuh orang kerabat terdekat.

Calon ibu akan melakukan 7 kali ganti kain, dan setiap ganti kain ditunjukkan pada tamu yang hadir. Cocok atau tidak. Kemudian mengenakan kain putih dan meluncurkan telur ke dalam sarung putih, serta meloloskan belut tujuh kali banyaknya.

Yang terakhir, suami akan mengaduk gentong berisi kelapa tadi sambil melihat ke arah tamu yang hadir, kemudian mengambil salah satu kelapa secara acak. Jika diambil yang bergambar Shinta maka anaknya perempuan dan jika Rama berarti anaknya lelaki. Setelah itu kelapa dibelah, dan airnya diminum.

Prosesi berakhir dengan calon ibu yang mengenakan kebaya lalu berjualan rujak dengan bayaran uang tanah liat atau talawengkar. Saat istri tengah berjualan rujak, si suami membuang semua bekas siraman termasuk belut ke perempatan maupun pertigaan. Setelah itu, memasukkan talawengkar ke dalam kendi atau mangkuk yang dicampur dengan receh asli, lalu dibantingkan oleh si suami kemudian tamu memperebutkan recehan tersebut.

Demikian adalah sekilas pandang mengenai aneka tradisi tujuh bulanan, lengkap dengan berbagai ide souvenir 4, 7 bulan kehamilan yang bisa dipilih, serta kemasan yang cocok untuk souvenir tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.