Membangun rumah tentu menjadi keinginan banyak orang. Rumah milik pribadi tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Oleh karena itu, banyak dari anda yang mencari tahu dan mencoba memahami bagaimana membangun rumah tanpa harus membeli bangunan jadi atau kompleks perumahan.

Membangun rumah sendiri tentu akan memberikan anda kebebasan dalam menentukan bentuk dan warna bangunan sesuai keinginan anda. Nah bila anda berencana melakukannya, perhatikan tips membangun rumah sendiri berikut sebelum anda memutuskannya.

Tips Membangun Rumah Sendiri
Tips Membangun Rumah Sendiri

Tips Membangun Rumah Sendiri

Beberapa tips dari anam.my.id sebelum anda membangun rumah impian anda sendiri

Pastikan Ketersediaan Lahan

Hal yang pertama harus anda pastikan adalah anda memiliki lahan yang dapat dibangun rumah.

Sebelum merencanakan rumah seperti apa yang ingin anda bangun, tentu anda harus memastikan adanya tanah yang hendak dibangun. Jika anda belum memiliki lahan, anda dapat membelinya dahulu. Namun tentu anda harus memastikan bahwa tanah tersebut akan menjadi milik anda sepenuhnya dan bukan merupakan tanah sengketa.

Dengan demikian, anda bisa melanjutkan tahap pembangunan dengan tenang dan tanpa masalah berarti.

Rencana Bangunan Sudah Final

Selanjutnya, anda harus menyusun desain bangunan secara mendetail dan jelas.

Anda bisa meminta bantuan pada arsitek kenalan anda untuk membuatkan gambaran bangunan yang tepat dan sesuai untuk anda. Gambar rencana bangunan final ini juga menjadi salah satu persyaratan untuk mengurus surat izin pembangunan rumah anda.

Pastikan gambaran desain sudah final, dalam artian anda sudah cocok dan setuju. Ini juga berguna untuk menghitung perkiraan biaya yang harus anda siapkan selama pembangunan.

Urus Perizinan Sebelum Membangun

Setelah desain bangunan sudah dipastikan, anda dapat melanjutkan untuk mengurus perizinan. Aturan tata ruang kota di setiap daerah berbeda-beda, oleh karena itu anda harus memerhatikan aturan yang berlaku di daerah anda.

Siapkan pula bukti kepemilikan lahan serta gambaran final bangunan yang akan anda buat.

Perhatikan Dana Yang Dimiliki

Setelah semuanya siap, anda bisa mulai menghitung kemungkinan pengeluaran yang harus anda siapkan. Sebisa mungkin jangan sampai melebihi kemampuan anda, sebab anda juga seringkali harus menyiapkan dana ekstra bila dalam beberapa kasus harga material tiba-tiba naik dan tidak sesuai perhitungan anda.

Selain itu anda juga harus menghitung biaya tenaga tukang bangunan atau pemborong yang anda gunakan.

Riset Material  dan Belanja Sendiri Adalah Kewajiban

Tips membangun rumah sendiri berikutnya adalah pastikan anda melakukan riset atau survey harga material.

Anda tentu tidak bisa memercayakan sepenuhnya pada mandor atau pemborong untuk mendapatkan harga terbaik. Tidak ada salahnya anda membandingkan harga satu tempat dengan yang lain. Jika perlu dan sudah seharusnya anda berbelanja bahan material sendiri. Dengan demikian anda bisa terhindar oleh permainan tukang bangunan atau kontraktor.

Pilih Tukang Bangunan Profesional 

Tips membangun rumah sendiri yang terakhir adalah tenaga pembangun.

Hal terpenting berikutnya adalah mengenai tenaga yang akan mengerjakan pembangunan rumah anda. Banyak tukang bangunan yang anda bisa temukan, namun tidak semuanya menjamin profesional.

Semua tukang bangunan mungkin bisa menyusun bata dengan baik, namun tidak semua dapat menyesuaikan dengan kondisi dan situasi ketika pembangunan. Akibatnya, banyak bangunan justru tidak sesuai dengan gambaran awal akibat tidak adanya perhitungan dan pengawasan yang baik.

Tenaga bangunan yang profesional tentu memiliki perhitungan yang baik serta solusi atas kendala yang terjadi selama pembangunan yang mempertimbangkan berbagai aspek seperti kerugian materi, kerugian waktu, dan banyak hal terhubung lainnya.

Baca juga :
Jual Turbin Ventilator Pabrik
Jual Kalsiboard Dinding
Jual Grc Board Dinding
Jual Atap Onduvilla
Jual Atap Onduline

Categories: RumahTips

Syaiful Anam

Nubi Internet Marketer. Kerjaannya jualan online di www.amanjayastore.com dan jualpayung.com. Penulis tunggal di anam.my.id

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Chat Tanya Jasa