Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Menyusui – Buah apa yang paling cocok untuk ibu hamil dan menyusui? Buah naga adalah jawabannya. Seperti yang kita ketahui, bahwa buah naga (Hylocereus undatus) ini adalah tanaman semacam kaktus, memiliki bentuk pohon yang panjang dan berduri, menjalar seperti naga. Untuk bentuk buahnya sendiri agak lonjong, memiliki warna merah yang cantik dan ada sisik berwarna hijau yang mempercantik bentuknya. Daging buahnya ada yang putih, dan ada yang merah, beberapa waktu belakangan juga muncul buah naga dengan warna kuning dan hitam. Daging buahnya lembut dan empuk, berair dan sangat cocok untuk cemilan yang lezat.

Kandungan Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Buah naga  baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu yang sedang menyusui, sampai bayi yang sedang belajar makan.  Lalu apa saja kandungan yang terkandung di dalam buah naga untuk ibu hamil dan yang sedang menyusui?

Kandungan Buah Naga Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Kandungan Buah Naga Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Vitamin A

Kandungan pertama yang perlu disoroti dalam buah naga adalah adanya kandungan vitamin A yang melimpah, vitamin yang satu ini terkenal mengandung karoten yang baik untuk membantu menyempurnakan perkembangan organ dalam yang ada pada tubuh janin. Selain itu antioksidan yang bisa ditemukan dalam vitamin A bisa bermanfaat untuk mencegah risiko infeksi yang bisa saja terjadi saat proses persalinan yang sedang berlangsung. Kemudian paska melahirkan, ibu menyusui yang mengonsumsi buah naga teratur bisa memberikan si kecil vitamin A melimpah untuk membantu penglihatan si kecil supaya lebih baik lagi.

Vitamin B

Selain itu dalam buah naga ada vitamin B1(tiamin) dan juga vitamin B2 (riboflavin), keduanya memiliki fungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi dalam tubuh. Kelak energi tersebut bisa mempengaruhi perkembangan saraf dan juga otak pada janin, juga bisa hindarkan janin dari kemungkinan penyakit beri-beri. Selain itu untuk ibu menyusui, tiamin ini bisa meningkatkan produksi ASI juga,

Lebihjelasnya lagi vitamin B3 (niasin), ini memiliki fungsi untuk menjaga sirkulasi darah dan juga untuk menyerap energi dari karbohidrat, dari protein, serta lemak. Dengan memilii sirlukasi darah yang baik, maka nantinya akan mempermudah aliran nutrisi dari makanan yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan.

24 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kemudian vitamin B5 (asam pantotenat), memiliki tugas untuk meningkatkan kinerja paru-paru kita dalam mengalirkan oksigen ke semua sel darah merah. Jadi vitamin yang satu ini memang terbukti mampu digunakan untuk mengurangi rasa stres, akhirnya bisa menghindarkan terjadinya ketegangan pada rahim kita. Adanya vitamin B6 (pyridoxine) menjadi tambahan untuk memperlancar metabolisme hemoglobin pada tubuh ibu serta tubuh janin, hingga janin mampu berkembang sempurna.

Tak hanya itu saja, ada juga vitamin B9 (asam folat)yang fungsinya adalah untuk membentuk dan juga untuk membelah sel pada janin, jadi baik sekali untuk menyempurnakan perkembangan jaringan dalam janin, juga bisa menghindarkan si ibu dari keguguran. Sementara itu, vitamin B lainnya yang terkandung dalam buah adalah vitamin B12 (cobalamin), yang mampu membantu kinerja asam folat juga mampu untuk mencegah kanker payudara. Jenis vitamin yang satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui, karena memberikan nutrisi yang imbang bagi tubuh. Solusinya, konsumsi buah naga.

Kandungan Buah Naga Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Image Source : rogojampi.rsmuhammadiyahjatim.com

Vitamin C (Asam Askorbat)

Vitamin lainya yang ada dalam buah naga adalah vitamin C atau Asam Askorbat. Yang disebut dengan asam askorbat itu sendiri memiliki fungsi yang luar biasa untuk tubuh supaya bisa mempercepat proses penyerapan zat besi yang ada bagi tubuh, hingga zat besi dapat bekerja secara optimal dan juga bisa menjadikan tubuh jadi semakin bugar. Selain itu vitamin C juga memang sudah terbukti mampu mengurangi resiko kelahiran bayi prematur yang bisa menyebabkan berbagai masalah bagi si kecil.

Vitamin E

Buah naga juga mengandung vitamin E, dan dalam vitamin E ini terdapat alfa-tokoferol aktif yang kelak akan beregenerasi jika bertemu dengan vitamin C, untuk bersama-sama menangkal radikal bebas peroksi, jadi bisa mengamankan ibu hamil dan janinnya dari bahaya infeksi ataupun bahaya dari berbagai penyakit lainnya. Selain itu, vitamin E juga mampu meregenerasi sel-sel dalam tubuh yang rusak, bisa memperkuat kandungan atau rahim juga. Ditambah lagi dengan kemampuannya untuk menstabilkanvitamin A dalam tubuh kita bisa memberikan kita ketenangan dari risiko bayo yang lahir cacat.

Resep Puding Buah Naga dan Variasinya yang Bisa Dicoba

 Serat

Kita semua tahu jika makanan yang berserat itu akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan, salah satunya adalah untuk memperlancar proses pencernaan. Jadi ibu hamil bisa terhindar dari risiko susah buang air besar, sembelit, wasir apalagi ambeien. Selain itu, serat yang cukup juga bisa mengurangi risiko terserang komplikasi pada kehamilan.

 Mineral

Di dalam buah naga yag lezat ini ternyata begitu banyak kandungan mineralnya, dari mulai kalium, zinc, tembaga, mangan, zat besi,  magnesium, kalsium, dan juga fosfor. Karena kebutuhan mineral pada ibu hamil  itu akan terus  mengalami kenaikan pada setiap bulannya. Contohnya saja kebutuhan zat besi, seiring besarnya kandungan maka ibu hamil akan membutuhkan asupan hemogoblin yang lebih banyak bagi tubuhnya dan akhirnya kebutuhannya terhadap zat besi juga semakin bertambah juga

Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan gigi pada bayi yang dikandung. Misalnya kalsium yang jadi penyusun utama tulang dan gigi, lalu fosfor untuk membangu penyerapan kalsium, kemudian mangan yang akan bertugas untuk memperkuat metabolisme tulang dan gigi, serta lain sebagainya.

Kandungan Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kandungan Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Protein

Jika inginkan janin tumbuh dengan lebih sempurna lagi, maka pastikan ibu hamil mendaoatkan kandungan protein dari dalam buah naga, yang bisa membantu pembentukan organ dalam bayi seperti otak, paru-paru, jantung dan lain sebagainya. Selain itu protein juga memiliki manfaat untuk mengolah zat besi, supaya ibu hamil bisa tetap merasa bugar, serta bisa beraktifitas ebagaimana biasanya. Untuk ibu hamil dibutuhkan kurang lebih protein sebanyak 75 gram per harinya.

Kalori

Terdiri dari karbohidrat dan lemak, itulah kalori. Karbohidrat itu sendiri adalah sumber energi yang utama bagi kita, sementara lemak juga akan menghasilkan energi, sekaligus menghemat fungsi protein untuk tubuh kita. Untuk bayi, lemak bisa membantu dalam pembentukan membran sel dan juga hormon pada si buah hati.

Itulah beberapa macam kandungan vitamin dan mineral yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dan juga menyusui dari buah naga, sangat lengkap dan juga  bermanfaat. Buah naga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, apalagi mengingat ibu yang sedang menyusui ini memiliki kebutuhan kalori dan berbagai vitamin serta mineral yang lebih banyak. Konsumsi buah naga secara teratur bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi dan mineral bagi sang ibu yang tengah menyusui.

Cara Membuat Jus Buah Naga Merah untuk Diet dan Cemilan Sehat

Makan Buah Naga Secara Berlebih

Perlu diingat, jangan sampai mengonsumsi buah naga dengan jumlah yang berlebihan, sebab bisa memberikan pengaruh yang kurang baik untuk kesehatan. Apapun itu, konsumsilah dengan jumlah yang masih wajar, secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Usahakan mengkonsumsi buah-buahan secara bergantian agar tubuh mendapatkan asupan gizi yang lebih kompleks.

Akhir kata. Sekian artikel anam.my.id mengenai Kandungan Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Menyusui semoga ada manfaat yang bisa diambil dari sini. Semoga sehat selalu sekeluarga. Aamiin


Syaiful Anam

Nubi Internet Marketer. Kerjaannya jualan online di www.amanjayastore.com dan pabrikpayungpromosi.blogspot.com. Penulis tunggal di anam.my.id