Durian Bagi Ibu Hamil dan Menyusui  – Durian adalah salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh hampir semua orang. Hal ini lantaran durian memang memiliki rasa yang sangat lezat dan membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya secara terus menerus. Namun meski memiliki rasa yang sangat lezat, buah durian sendiri nyatanya tak dapat dikonsumsi oleh beberapa orang lantaran kandungan zat alkohol dan lainnya yang terdapat di dalam buah durian sangatlah kuat.

Durian Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Durian Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Bagi ibu hamil sendiri mengonsumsi durian pada dasarnya memang tak akan mempengaruhi kesehatan ibu, namun ibu hamil tersebut haruslah waspada dengan janin yang dikandungnya. Mengonsumsi durian sebenarnya boleh saja bagi ibu hamil hanya saja dalam porsi yang sedikit dan tidak berlebihan. Karena jika berlebihan nantinya juga akan membahayakan nasib dari kehamilanya.

Terdapat beberapa zat yang terkandung pada durian dan memberikan sebuah efek negatif yakni asam arachidonat dan alkohol. Asam Arachidonat sendiri adalah senyawa yang dapat membuat rangsangan terhadap sebuah kontraksi pada kehamian sehingga akan terjadi sebuah keguguran bila dilanjutkan secara terus menerus pada awal kehamilan. Sedangkan pada akhir kehamilan zat tersebut dapat membuat bayi lahir prematur dan tidak dalam keadaan sehat.

Kemudian efek zak alkohol yang terdapat pada durian bagi ibu hamil adalah dapat membuat pertumbuhan janin dalam kandungan menjadi terhambat. Sehingga menyebabkan bayi lahir prematur dan mempunyai berat badan yang cukup rendah ketika dilahirkan. Hal ini tentu saat tak ingin dialami oleh semua ibu hamil. Karena semua menginginkan anak lahir dengan sempurna dan juga sehat.

Sementara itu pada ibu menyusui sama halnya dengan ibu hamil yakni diperbolehkan namun tentu dengan porsi yang sewajarnya dan tidak berlebihan. Karena apabila berlebihan tentu saja akan berdampak pada air susu yang tidak dapat keluar dengan sempurna. Durian sendiri memiliki efek panas pada pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan dan mengakibatkan gangguan pencernaan.

Dengan demikian dapat disimpulan, sebenarnya durian bagi ibu hamil dan menyusui sah – sah saja dan diperbolehkan, hanya saja setiap ibu hamil dan menyusui tentu saja harus mengetahui batas – batas dari kemampuan yang dimiliki. Semua akan tidak baik hasilnya jika dilakukan secara berlebihan, begitupula ketika mengonsumsi durian.

Artikel Lain di Web anam.my.id :


Syaiful Anam

Nubi Internet Marketer. Kerjaannya jualan online di www.amanjayastore.com dan pabrikpayungpromosi.blogspot.com. Penulis tunggal di anam.my.id